Rabu, 01 Desember 2010

PENGERTIAN DASAR, TEORI DAN STRATEGI

  Perencanaan (Umum) adalah suatu, tindakan dan kegiatan yang rasional berdasarkan informasi, penilaian dan perhitungan-perhitungan bagi sumber-sumber yang tersedia dan membutuhkan adanya kewenangan (kompetensi) agar tercapainya tujuan dan sasaran yang diinginkan (organisasi secara ekonomis, produktif, efektif dan effisien.
2. Perencanaan Pembangunan adalah suatu usaha, tindakan dan kegiatan yang rasional berdasarkan informasi, penilaian dan perhitungan-perhitungan bagi sumber-sumber yang tersedia dan membutuhkan dana kewenangan (kompetensi), sehingga terwujudnya perubahan-perubahan yang mendukung berbagai aspek kehidupan dan penghidupan masyarakat sesuai dengan tujuannya (pembangunan).
3. Perencanaan strategis menurut John M. Bryson & Miftahudin adalah sekumpulan konsep, prosedur dan alat-alat (sumber-sumber yang tersedia) sebagai upaya yang konkrit dan disiplin untuk membuat satu keputusan dan tindakan dalam melaksanakan perencanaan yang efektif dan effisien
4. Visi menurut R.A. Supriyono adalah pandangan atau wawasan luas manajemen mengenai kondisi (lingkup, skala dan ukuran) yang ingin dicapai oleh organisasi di masa depan.
5. Misi menurut R.A. Supriyono adalah pernyataan pokok mengenai alasan eksistensi organisasi dan peta umum arah dan pola organisasi di masa depan. Misi menentukan : (1) bagaimana kehendak organisasi berinteraksi dengan lingkungannya, dan (2) bagaimana kehendak organisasi untuk mencapai visi tertentu.
6. Proses menurut J.F. Stoner adalah suatu cara untuk melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan : Rasional; Transparan; Akurat; dan Tepat = Hasil.
7. Sistem menurut Bintoro Tjokroamidjojo adalah suatu hal yang menyeluruh atau suatu totalitas yang terpadu dan saling berhubungan, saling terkait, saling interaksi dan saling ketergantungan satu dengan lainnya.
8. Mekanisme adalah struktur bagi gerakan atau proses dari unsur-unsur yang saling kait-mengkait dan tunjang-menunjang dan atau mengisi secara terpadu untuk mencapai tujuan dan sasaran.
9. Prosedur adalah :
a. suatu pola dalam melaksanakan fungsi dan tugas dengan efektif dan effisien
b. suatu urutan kerja tahap-pertahap agar pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif dan effisien.
10. Strategi adalah suatu pendekatan secara umum dalam memecahkan masalah berorganisasi.
11. Tata kerja adalah suatu urutan cara-cara melaksanakan pekerjaan dengan mempertimbangkan fasilitas yang tersedia.
12. Paradigma menurut Golossory adalah cara pandang yang fundamental yang melandasi nilai-nilai tertentu dan berisikan teori, konsep, metodologi dan cara pendekatan yang dapat dipergunakan para teoritis dan praktisi dalam menanggapi permasalahan baik dalam kaitan pengembangan ilmu maupun dalam upaya pemecahan permasalahan bagi kemajuan hidup dan kehidupan kemanusiaan.
13. Komitmen adalah dukungan yang merupakan partisipasi aktif (dari pejabat/pimpinan) dan keterlibatannya langsung dalam penyediaan dana, fasilitas dan memberikan penghargaan serta bertanggung jawab positif.
14. Prinsip/azas adsalah suatu poernyataan yang fundamental atau kebenaran umum yang merupakan pedoman untuk berpikir dan bertindak guna tercapainya tujuan dan sasaran dengan efektif dan effisien.
15. Prinsip/azas manajemen menurut Bintoro Tjokroamidjojo :
a. Rasionalitas
b. Ekonomis
c. Produktif
d. Efektif
e. effisien
16. Prinsip/azas organisasi menurut Chester Bernard :
a. Pembagian tugas yang jelas
b. Pendelegasian wewenang
c. Pengawasan yang ketat (span of control)
d. Sentralisasi dan desentralisasi
e. Kesatuan perintah (Unity of Commond)
17. Dedikasi adalah pengabdian berlandaskan Imtaq dan Iptek bagi kemajuan organisasi, masyarakat, bangsa dan negara
18. Partisipasi adalah kebersamaan dan keterbukaan dalam melaksanakan tugas dengan tetap memenuhi kewajiban dan tanggung jawab masing-masing.
19. Prestasi adalah meningkatnya effisiensi dan kinerja organisasi berdasarkan/berlandaskan kompetensi dan penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang terus dikembangkan.
20. Akuntabilitas adalah hasil kerja yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi kualitas maupun norma-norma hukum.
21. Unsur-unsur manajemen menurut G.R. Terry :
A. ORANG/PEGAWAI
B. UANG/DANA
C. BAHAN-BAHAN
D. MESIN-MESIN
E. METODE
F. PASAR/HUMAS
(6 M)
22. Fungsi-fungsi manajemen menurut G.R. Terry :
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Penggerakan
d. Pengawasan
23. Faktor-faktor Kepemimpinan menurut BP.7 Pusat Tahun 1978 :
a. Peranan : Sangat Strategis
b. Unsur : Keteladanan
c. Aspek : Konsisten dan Konsekuen
d. Semangat : Kekeluargaan
e. Sikap : Sebagai Pengasuh
Sebagai Pendorong
Sebagai Penuntun
Sebagai Pembimbing
24. Sistem Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal)/Pengawasan Melekat (Waskat) :
a. Komparatif : Laporan-laporan
b. Verifikatif : Prosedur
c. Inspektif : Pengecekan langsung
d. Investigatif : Penyidikan
25. S W O T :
a. Strengh : Kekuatan
b. Weaknes : Kelemahan
c. Opportunity : Peluang/Kesempatan
d. Threat : Ancaman/Tantangan

1 komentar:

  1. How to play slot machines in Las Vegas using VR - KTM Hub
    Find out 영천 출장마사지 all the best 나주 출장안마 online slot machine games for real money in Las Vegas with KTM's free demo mode. Learn all you 영주 출장샵 need to know 나주 출장마사지 about 정읍 출장샵 it.

    BalasHapus